SUZUKI KEMBALI DUDUK DIPOSISI 4 DALAM PENJUALAN R2

Suzuki kembali menduduki posisi ke-4 dalam hal penjualan roda duanya, yup Kawasaki kembali mengkudeta posisi ke-3 dari Suzuki Indonesia. Terpaut sekitar 1000 unit, Kawasaki sekitar 7000an unit, sedangkan Suzuki membukukan penjualan sekitar 6000an unit.

Apa penyebab Penjualan Suzuki kembali turun, sebenernya kalo menurut AD penjualan Suzuki yahh setabil diangka 6000/7000 an unit yah, memang segitu, samalah sama Kawasaki.

Namun yang menarik adalah, lineup Suzuki sebenarnya lebih banyak dari pada line up Kawasaki. Jika Kawasaki tidak memiliki motor kecil, alias hanya mengandalkan penjualan motor ber cc 250 keatas, sedangkan Suzuki memiliki line up motor motor kecil alias ber cc dibawah 250 cc.

Suzuki spertinya belum terlalu optimal dalam hal penjualan motor motor kecilnya itu. Sebutlah GSX S150, dimana penjualannya tidak terlalu membahagiakan Suzuki sepertinya, yup penjualannya tidak sampai 1000 unit. Berbeda dengan GSX R150 dimana penjualannya stabil diangka 2000/3000an unit dalam sebulan.

Kurangnya promosi atau kah bentuk fisik dari GSX S150 itu sendiri yang pada akhirnya menghalangi penjualan dari GSX S150. Mungkinkah ada faktor lain?

Suzuki punya keunggulan pada line up motor matik, sedangkan Kawasaki tidak memiliki itu, disini Suzuki seperti menemui jalan buntu dalam menjual produk motor matiknya, alias penjualan motor matik bisa tertinggal atau kalah dalam penjualan dibanding GSX R150.

Padahal penjualan motor matik biasanya lebih tinggi dibanding motor sport, Suzuki sepertinya kurang berusaha dalam menjual produk motor matiknya. Jika saja Suzuki mau melakukan promosi atau memperkenalkan produk matiknya dimana Suzuki memilik Suzuki Address dan Suzuki Nex.

Paling tidak jika Suzuki Address dan Suzuki Nex masing masing bisa terjual 2000 unit saja, nah bisa dilihat penjualan dari GSX R150, Address dan Nex akan dapat menyumbankan penjualan 6000unit, belum ditambah GSX S150, Suzuki Satria dan Smash.

Untuk Suzuki Satria saat ini, secara penjualan juga kurang mendapatkan respon positif. Yup persaingan dikelas bebek sport 150, memang masih didominasi penjualan Yamaha Mx King. Jujur saja Mx King memiliki design yang lebih ciamik, lebih macho untuk kelas bebek super saat ini, tidak seperti Suzuki Satria yang secara design yahhh begitu begitu saja, alias tetap ramping, mekipun dibekali mesin over bore yang aduhai untuk penggila kecepatan, tetapi design tetap menjadi pilihan utama konsumen pada akhirnya.

Suzuki Smash….ahhh AD bingung untuk mendeskripsikannya, jujur saja, design Smash titan masih masih lebih melekat dihati saya 😀 .

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “SUZUKI KEMBALI DUDUK DIPOSISI 4 DALAM PENJUALAN R2

Leave a Reply